KUNJUNGAN NMC

KUNJUNGAN NMC
Foto bersama NMC, PjO Kabupaten, Faskab, FT Kab, FK/FT, dan TPK usai FGD

Minggu, 20 Februari 2011

Berita UPK


PNPM Muara Siau Surplus Rp. 195 Juta
UPK rencanakan bangun kantor sendiri

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kecamatan Muara Siau memperoleh surplus bersih tahun 2010 sebesar Rp. 195 juta lebih. Angka ini diperoleh dari jasa Simpan Pinjam khusus Perempuan (SPP) hanya dalam rentan waktu satu tahun.
Ketua Unit Pengelola Kegatan (UPK) Kecamatan Muara Siau, M. Rustam Efendi mengatakan bahwa keuntungan atau laba bersih ini jauh meningkat dibandingkan laba tahun 2009 yang sebesar Rp. 94 juta, atau meningkat sebesar 48%.
Selain laba yang cukup besar, UPK Kecamatan Muara Siau juga berhasil meingkatkan pertumbuhan modal UPK sebesar 18% lebih. Pertumbuhan modal ini selain disebabkan adanya penambahan modal SPP dari Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM tahun 2010, juga dikarenaka keberhasilan UPK dalam menekan resiko pinjaman SPP.
“Aset dana perguliran kita per 31 Desember 2010 adalah Rp. 1,6 Milyar dengan tingkat pengembalian pinjaman 99,9%. Sementara resiko kolektibiltas pinjaman hanya sebesar Rp. 20 juta dengan tunggakan pinjaman sebesar Rp. 2 juta. Ke depan, kita akan terus mengupayakan memperkecil tuggakan dengan berbagai pembinaan kelompok SPP. Bahkan Maret nanti kita targetkan tidak ada tunggakan,” kata Rustam Efendi.
Sementara itu, Fasilitator Kecamatan (FK) PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Muara Siau, Mensediar menambahkan bahwa laba bersih UPK  dialokasikan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat.
Alokasi tersebut adalah untuk penambahan modal UPK minimal 50%, bantuan sosial untuk masyarakat miskin minimal 15%, penguatan atau pelatihan kelembagaan maksimal 10%, bonus pengurus UPK maksimal 5%, serta untuk kebutuhan lain sejauh tidak pertentangan dengan dengan prinsip PNPM Mandiri Perdesaan.
“Dana sosial yang berasal dari surplus UPK tahun 2009 sudah dilaksanakan dalam bentuk pemberian bantuan pakaian sekolah bagi siswa kurang mampu yang berprestasi. Dan surplus 2010 ini direncanakan akan digunakan untuk sunatan massal bagi warga kurang mampu,” tambahnya.
Selain itu, pada tahun 2011 ini, PNPM Kecamatan Muara Siau juga merencanakan membangun kantor UPK yang saat ini dalam tahap persiapan pembangunannya. “Ya kita akan bangun kantor, mudah-mudahan Juni nanti sudah bisa ditempati UPK,” tandas mantan Gubernur Mahasiswa FKIP UNJA ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungan Satker Kabupaten

Kunjungan Satker Kabupaten
PjO Kabupaten Merangin Ir. Duito Febriza, M.Si saat melakukan kunjungan di lokasi pembangunan PLTMH Desa Teluk Sikumbang

DAMPAK EKONOMI PLTMH

DAMPAK EKONOMI PLTMH
World Bank meninjau Desa Peradun Temeras untuk melihat dampak ekonomi pembangunan PLTMH yang berasal dari BLM PNPM Mandiri Perdesaan tahun 2008